Langkah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan mulut merujuk pada kesehatan gigi, gusi, dan semua mekanisme di bagian mulut dan muka yang memungkinkannya kita untuk tersenyum, bicara, dan kunyah. Keadaan mulut kerap dipandang terpisah dari keadaan akut yang lain, tapi sebetulnya sama-sama terkait. Kesehatan mulut yang jelek dihubungkan dengan penyakit akut yang lain seperti diabetes dan penyakit jantung. Beberapa penyakit yang umum memengaruhi kesehatan mulut kita terhitung gigi berlubang (kerusakan gigi), penyakit gusi (periodontal), dan kanker mulut. Penyakit mulut dihubungkan dengan sikap beresiko seperti merokok dan konsumsi minuman dan makanan manis.

Lantas apa saja yang perlu dilaksanakan dalam mempertahankan kesehatan mulut dan gigi ? Yok, baca beberapa panduan yang dapat kamu aplikasikan di rumah supaya kesehatan mulut dan gigi kamu dapat terbangun dengan optimal.

Sikat Gigi dan Flossing dengan Betul dan Teratur

Menggosok gigi secara benar menolong jaga gigi dan gusi kamu masih tetap bersih dan sehat. Sikat gigi dilaksanakan 2x satu hari dengan sikat dengan bulu halus. Ukuran dan wujud sikat harus cocok dengan mulut hingga bisa mencapai semua tempat secara mudah. Tehnik menggosok gigi yang betul ialah :

  • Tempatkan sikat gigi pada pojok 45 derajat ke gusi.
  • Gerakkan sikat secara perlahan-lahan ke belakang dan ke depan dengan pergerakan pendek (dengan lebar gigi).
  • Sikat permukaan luar, permukaan dalam, dan permukaan kunyah gigi.
  • Untuk bersihkan permukaan sisi dalam gigi depan, miringkan sikat secara vertikal dan buat beberapa sapuan ke atas dan ke bawah.

Selainnya sikat gigi, ada tehnik bersihkan gigi yang lain yang efisien dalam hilangkan partikel makanan dan zat beresiko yang lain yang tidak dapat dilaksanakan dengan menggosok gigi dengan teratur. American Dental Association mereferensikan untuk Flossing atau bersihkan antara gigi tiap hari dengan pencuci interdental (seperti benang gigi). Bersihkan antara gigi bisa menolong menahan gigi berlubang dan penyakit gusi. Bersihkan antara gigi menolong hilangkan susunan lekat yang disebutkan karies. Karies memiliki kandungan bakteri yang makan tersisa makanan atau gula di mulut Anda. Saat itu terjadi, dia melepas asam yang bisa menggerogoti kulit paling luar gigi dan mengakibatkan gigi berlubang. Dianjurkan coba untuk menyikat kurang dari 2 kali satu hari dan flossing minimal sekali satu hari.

Jauhi Merokok

Menghindar rokok akan berguna untuk kesehatan gigi kamu. Dan rutinitas ini akan selamatkan kamu dari banyak dampak jelek yang tidak terhitung banyaknya yang disebabkan karena tembakau seperti kompleksitas periodontal kanker mulut dan banyak . Maka bila kamu ingin mempertahankan kesehatan mulutmu lebih bagus karena itu seharusnya jauhi rutinitas memakai tembakau.

Awasi konsumsi Soda, Kopi, dan Alkohol

Minuman ini memiliki kandungan fosfor tingkat tinggi yang dibutuhkan untuk gigi dan banyak fosfor bisa konsumsi tingkat kalsium badan. Minuman misalkan sirup jagung dan bahan warna makanan bisa mengganti gigi putih yang cantik jadi terlihat lusuh dan bernoda. Maka dari itu, minuman terbaik untuk diputuskan ialah susu yang perkuat gigi dan membuat enamel yang semakin kuat hingga memberi Anda senyuman yang sehat dan cantik.

Konsumsi Makanan Memiliki kandungan Kalsium dan Vitamin

Kalsium dan vitamin yang lain dibutuhkan untuk kesehatan gigi, gusi dan tulang. Lebih bagus minum susu, makan yogurt, brokoli, keju, dan produk susu yang lain. Vitamin B kompleks dibutuhkan untuk kemampuan gusi dan gigi dari rengat dan berdarah. Vitamin lain seperti Tembaga, seng, yodium, zat besi, dan kalium dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan gigi.

Teratur Cek Up Ke Dokter Gigi

Untuk jaga kebersihan mulut yang pas, pastikanlah kamu berkunjung dokter gigi tiap 6 bulan untuk memperoleh perawatan lengkap. Pengecekan umum dilaksanakan dengan sinar-x untuk menolong mengetahui dan menahan berlangsungnya penyakit gigi dan mulut.

Pakai Obat Kumur

Obat kumur memiliki kandungan Listerine, klorin dioksida yang paling menolong dalam mematikan bakteri di mulut Anda. Disamping itu menolong jaga napas yang bagus dan menolong jaga gigi yang kuat.

Membersihkan Lidah Tiap Hari

Selalu membersihkan permukaan lidah kamu tiap hari. Dianjurkan memakai alat pencuci lidah yang bisa menolong hilangkan banyak bakteri, khususnya di atas atas lidah yang lebih kasar yang mengakibatkan berbau mulut dan berpengaruh negatif pada kesehatan gigi kamu.

Minum Lebih Banyak Air Putih

Minum semakin banyak air putih menolong hasilkan semakin banyak air liur. Orang dewasa memiliki ukuran rerata harus betul-betul minum 2 ltr air satu hari supaya kita masih tetap terhidrasi secara baik. Bila kita jadi kurang terhidrasi, badan hentikan produksi air liur untuk melestarikan air yang berperan sebagai simpatisan kehidupan.

Jauhi Makanan Manis dan Lekat

Turunkan jumlah gula yang kamu konsumsi tiap hari. Makanan manis dan lekat bukan diet yang ramah gigi. Makanan lekat yang melekat antara gigi menjadi pemicu kerusakan gigi . Maka coba untuk menghindar mengonsumsi makanan ini karena akan menolong kamu jaga gigi dan gusi masih tetap sehat dan bebas dari gigi berlubang.