Cara Menjaga Sepeda Motor Supaya Awet

SEPEDA motor menjadi modal transportasi unggulan untuk mayoritas warga di Indonesia. Jaga keadaan sepeda motor yang sempurna benar-benar diperlukan supaya sepeda motor bisa digunakan untuk berkendaraan jauh, melewati jalanan yang macet, atau bawa berat beban.

Maka dari itu, ada banyak hal yang perlu jadi perhatian tiap pemilik sepeda motor supaya keadaan sepeda motor mereka selalu sempurna dan tidak gampang berhenti. Berikut tiga referensi menjaga sepeda motor supaya selalu dapat dihandalkan untuk melakukan aktivitas setiap hari:

  1. Ketahui peranan elemen sepeda motor dan melakukan pengujian teratur Sepeda motor banyak memiliki elemen yang sama-sama tersambung. Bila salah satunya komponennya hancur, karena itu kerusakan itu akan mempengaruhi performa elemen yang lain. Sebagai contoh, konsumsi bahan bakar yang boros dan tarikan mesin berat menjadi satu diantara efek dari menyanggaknya kotoran di penyaring udara, throttle bodi, tempat CVT, dan tanda performa oli yang mulai turun.
  2. Kerjakan service dengan teratur Umumnya pemakai sepeda motor kadang kurang sensitif dengan tanda-tanda kerusakan yang dirasakan sepeda motor. Sepanjang motor bisa jalan, karena itu opsi untuk service atau sekadar lakukan pengujian masih batal dilaksanakan. Bila tidak mempunyai ketrampilan lakukan pengujian elemen sepeda motor sendiri, jalan keluar praktisnya adalah lakukan service dengan teratur. Agenda service sepeda motor yang direferensikan ialah tiap 3.000-5.000 km sekali.

Atau bila berpatok sama waktu, tiap 2 atau tiga bulan sekali, bergantung yang mana terwujud terlebih dahulu. Service teratur di Planet Ban mencakup pembersihan throttle bodi dan CVT secara detail. Ini dilaksanakan supaya konsumsi udara yang masuk ke ruangan bakar maksimal, dan tidak ada kotoran yang masuk bersama udara ke ruangan bakar sepanjang mesin bekerja. Elemen CVT dan CVT belt-nya dibikin bersih secara detail supaya tidak ada kotoran yang melekat hingga akselerasi masih tetap konstan.

  1. Pilih oli yang pas Selainnya service teratur, motor perlu lakukan pergantian oli. Penyeleksian tipe oli berkualitas tinggi juga penting untuk pastikan performa sepeda motor selalu sempurna. Di Planet Ban, oli yang dipakai untuk pergantian oli ialah oli X-Ten Full Synthetic Ester. Oli itu memiliki ketahanan 2x semakin lama bila dibanding dengan oli biasa lainnya dan sanggup memulasi mesin dan menahan gesekan kasar sepanjang mesin bekerja dan jaga temperatur mesin masih tetap konstan hingga bebas overheat sepanjang motor bekerja. Disamping itu, oli X-Ten sanggup jaga mesin bebas karat hingga mesin lebih tahan lama serta awet. Budi Rochmanudin, Pemasaran Deputy Divisi Head Planet Ban, menjelaskan, sebagai pusat service motor berkualitas, faksinya selalu berusaha memberi servis dan harga yang terbaik untuk konsumen setia.